Furniture Jepara Jadi Kebanggaan Bangsa Lain

jepara furniture
Indonesia Furniture.
Berita Furniture - Produk kayu asal Jepara ternyata sudah mendapat nama besar di negara-negara besar seperti Amerika. Pasalnya, produk asli Indonesia ini memiliki kualitas yang bagus dan bernilai estetika tinggi. Karena kualitas dan keindahannya, banyak produk Jepara yang diekspor ke luar negeri untuk dijadikan produk andalan dari perusahaan internasional.

Menurut Agung Setyo Nugroho pengusaha furnitur The Bale Bale Jepara, banyak sekali pengusaha furnitur asal Jepara yang mengekspor hasil karya mereka ke perusahaan furnitur luar negeri. Namun sayangnya, tidak banyak furnitur yang berkualitas sama dijual untuk melayani permintaan dalam negeri.

"Awalnya tahun 2009 saya melihat peluang belum banyak furniture kayu jati solid dijual dengan baik di media internet yang sedang berkembangnya. Di satu sisi juga para pebisnis di Jepara lebih suka/ fokus di ekspor yang notabene garap pasar lokal dengan kualitas ekspor masih belum banyak. Karena itulah, dengan modal yang tidak banyak akhirnya saya memberanikan diri untuk membuka The Bale Bale untuk melayani pasar lokal dengan kualitas furnitur internasional", jelas Agus.

The Bale Bale yang dikelola Agus, meski fokus pada pasar lokal juga pernah mendapatkan pesanan dari Negeri Paman Sam itu. Walau tidak mengelak bahwa keuntungan dari pasar luar negeri lebih besar, namun Agus lebih suka melayani pelanggannya di negeri sendiri dahulu sebelum negeri orang.

"Untuk semua pengerjaan masih di Jepara dan pengiriman juga masih dari Jepara, yang artinya kualitas pengerjaan dan kehalusan pengerjaan benar-benar masih terjaga. Kalau soal profit dalam dan luar negeri, jadi gini bedanya kalo export pasti wholesale ya, bukan end user jadi pasti harganya minta harga wholesale, sedang untuk lokal kan end user. Kalau peluang pasti orang seneng dong menggarap pasar ekspor. Tapi sebelum layani bangsa orang, saya mau layani bangsa sendiri saja dulu, jangan sampai mereka mau beli barang bagus harus beli pakai merek mereka yang sebenernya buatan kita-kita juga", terang lelaki kelahiran 19 Mei 1982 ini.

Itu satu bukti bahwa Indonesia, melalui Agus Setyo bisa sukses dengan furniturnya. Apa sumbangan Anda untuk Indonesia?

Komentar