Rabu, 12 Februari 2014

Jepara Membangun Museum Ukir Pertama di Dunia

Berita Furniture - Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, akan membangun museum ukir pertama di dunia untuk mengumpulkan koleksi ukiran sejak zaman purba hingga era modern. "Sebagai daerah yang dikenal dengan ukiran, kami telah nerancang museum ukir pertama di dunia untuk menampung ukiran sejak jaman purba yang kini tercecer di berbagai tempat," kata Kepala Kabgian Humas Pemkab Jepara Hadi Priyanto, Rabu (12/2).

Upaya mengumpulkan ukiran kuno, demikian Hadi Priyanto, telah dimulai untuk mengisi koleksi museum, baik yang saat ini masih berada di Jepara maupun daerah lain, bahkan di luar negeri dengan membentuk tim perburuan ukiran asal Jepara.

Pada tahap awal, menurut Hadi Priyanto, koleksi ukiran yang telah terkumpul cukup banyak, bahkan ada yang dibuat pada 1920 yang saat ini berada di SMP 6 yang dulu merupakan sekolah teknik (ST) dan banyak menciptakan ukiran. "Ukiran Jepara sendiri merupakan sebuah karya seni yang bernilai tinggi. Tidak hanya hasil kreasi seniman ukir lokal, tetapi juga terdapat paduan dari berbagai negara," tambahnya.

Wakil Bupati Jepara Soebroto secara terpisah mengatakan museum ukir yang akan didirikan dan pertama di dunia ini tidak hanya akan memamerkan ukiran modern, tetapi ukiran purba yang selama ini berkembang sejak pemerintahan Ratu Shima, Ratu Kalinyamat, hingga era Kartini.

Selain mendirikan musium ukir, tahun ini juga akan didirikan dan dibuka SMK Ukir yang pertama di Indonesia untuk melengkapi program kurikulum muatan lokal yakni untuk TK berupa pengenalan ukir, SD menggambar ukir, dan SMP membuat ukiran.

"Langkah ini kami tempuh karena tidak ingin menjadikan rakyat Jepara hanya sebagai buruh. Keahlian ukir ini akan menjadikan mereka perajin dan pengusaha yang mandiri," kata Soebroto. (Akhmad Safuan, Metrotvnews.com)

0 komentar:

Posting Komentar